Cek Backlink Domain

Berabinetwork.com – Cek backlink domain. Backlink merupakan salah satu hal yang digadang-gadang bisa mengoptimasi sebuah situs web sehingga memiliki peringkat tinggi di SERP.

Meski Google sendiri tidak secara gamblang menyebutkan demikian, tapi banyak pakar SEO yang setuju akan hal tersebut. Dan seperti yang kami ulas dalam cara membuat backlink, sebuah backlink yang baik adalah backlink natural.

Artinya, backlink tersebut dibuat secara manual, bukan menggunakan tools otomatis seperti backlink generator dan semacamnya. Salah satu trik membuat backlink yang baik adalah dengan mengecek backlink punya domain website kompetitor.

Cara ini terbilang mudah dan efektif. Karena kita hanya perlu ‘mengintip’ sumber backlink dari kompetitor dan membuatnya sendiri. Bila backlink yang kita buat natural dan berkualitas, website kita pun bisa melejit mengalahkan posisi dari kompetitor.

Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengecek backlink milik kompetitor? Di sini kita bisa menggunakan tools yang bernama backlink checker. Tools tersebut tersedia di internet, ada yang gratis ada juga yang premium atau pro.

Daftar Tools Cek Backlink Domain Kompetitor

Anda bisa menggunakan beberapa tools gratis dan berbayar di bawah ini untuk cek backlink domain milik kompetitor.

1. Ahrefs

Ahrefs merupakan tools digital marketing yang sangat terkenal. Salah satu fitur yang ada di dalamnya adalah Ahrefs backlink checker dengan triliunan data yang telah di-crawl berdasarkan update Google.

Hebatnya lagi, untuk mengecek backlink kompetitor dari triliunan data tersebut, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-10 detik saja, tergantung berapa banyak jumlah backlinknya! Sangat cepat bukan?

Selain itu, datanya juga selalu diperbaharui setiap 15-30 menit sekali. Jadi, Anda bisa mengecek backlink milik kompetitor yang sudah terindex Google dengan cepat dan real time! Harganya adalah USD 99-999/bulan.

2. SEMrush

Berikutnya ada SEMrush, yang hampir mirip dengan Ahrefs. tools ini bisa kita manfaatkan untuk melihat sumber backlink website lain. Keunggulannya, tools ini sama seperti Ahrefs yang menyajikan data backlink real time di menu SEMrush Backlink Analytics.

Selain itu, keunggulan lain dari SEMrush adalah terdapatnya informasi mengenai new and lost backlink. Ada juga identifikasi backlink, yang masuk ke root domain, subdomain, atau URL spesifik.

Ada juga alat untuk mendeteksi backlink nofollow dan dofollow. Sehingga bila Anda hanya ingin melihat backlink dofollow dari situs lain, sangat bisa kok! Harganya ada paket Pro USD 99.95/bulan, paket Guru USD 199.95/bulan, dan untuk Business USD 399.95/bulan.

3. UberSuggest

Bila Anda mencari versi lebih murah dari Ahrefs atau SEMrush, Anda bisa menggunakan UberSuggest Backlink Checker. Tools ini diciptakan oleh Neil Patel untuk membantu internet marketer mengetahui sumber backlink kompetitor.

Tentu saja cara menggunakan tools ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menulis URL atau domain website kompetitor di sana. Kemudian dalam beberapa detik, ribuan hingga ratusan ribu backlink akan ditampilkan di layar.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan tools ini dalam versi gratis, tapi list backlinknya dibatasi. Sedangkan bila ingin melihat lebih lengkap, Anda bisa membeli paket lifetime (seumur hidup) mulai dari USD 120-400.

4. MOZ

Selanjutnya ada MOZ, merupakan alat untuk melihat backlink kompetitor dengan fitur lebih lengkap dan data mendalam. Anda hanya perlu mengetikkan domain yang ditarget pada kolom Link Explorer.

Setelah itu, Anda akan menemukan data secara lengkap, meliputi liking domains, inbound links, ranking keywords, discovered domain, lost domain, nofollow, dofollow, dan masih banyak lagi.

Keunggulannya adalah terdapatnya fitur quick download per laporan backlink serta bisa membandingkan backlink kompetitor. Bila ingin menggunakannya, Anda bisa merogoh kocek mulai dari USD 99-599 per bulan hingga USD 950-5,750 per tahun.

5. Majestic SEO

Rekomendasi berikutnya ada Majestic SEO. Di sini Anda bisa mengecek backlik dengan cukup akurat dan lengkap. Ada juga informasi tentang Link Context, Language, Link Density of Inbound Link, Backlink History, dan Backlink Breakdown.

Keunggulan dari tools ini adalah bisa mengetahui berdasarkan backlink yang lama dan baru, ada juga customer support yang siap membantu kapan saja. Tidak hanya itu, tampilannya juga fresh dan termasuk lengkap.

Majestic SEO memiliki versi gratis dan Anda akan mendapatkan rangkuman keseluruhan data, bukan informasi detail. Sementara jika ingin fitur maksimal, Anda bisa berlangganan dengan biaya sekitar USD 49.99 hingga USD 399.99 per bulannya.

6. Linkody

Ketika Anda mengunjungi Linkody, Anda langsung dapat mengetahui apa tujuan situs tersebut. Yaitu: Jangan pernah memeriksa backlink secara manual lagi, Linkody mengotomatiskan seluruh proses.

Jika Anda pernah mencoba melakukan pengecekan backlink kompetitor secara manual, Anda hanya akan mendapatkan dua hal: memakan waktu dan hampir tidak mungkin untuk dikerjakan secara efektif.

Inilah sebabnya mengapa Linkody terus tumbuh dalam popularitas. Sama seperti setiap alat dalam daftar ini, semuanya otomatis atas nama Anda. Anda bisa menggunakan seluruh fiturnya dengan berlangganan USD 14,9 – USD 153,9 per bulannya.

7. cognitiveSEO

cognitiveSEO menyediakan berbagai alat internet marketing, yang semuanya dapat membantu mendorong bisnis Anda maju. Tools ini mungkin tidak sepopuler yang lain di daftar ini, tetapi sama kuatnya.

Misalnya, Anda dapat menggunakan sistem peringatan cognitiveSEO untuk membuat daftar backlink dari kompetitor Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, informasi dikirim langsung ke kotak masuk email Anda, sehingga menghemat waktu.

Untuk tampilan dalam profil tautan Anda, Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemeriksa tautan balik instan dan penjelajah situs. Ini memberikan cara sederhana untuk melihat tautan balik Anda, yang mencakup data waktu nyata, informasi historis, tren pertumbuhan, dan banyak lagi.

Akhir Kata

Itu dia beberapa rekomendasi tools cek backlink domain yang gratis atau berbayar. Pada intinya ketika Anda membuat backlink, harus membuatnya secara konsisten dan berkelanjutan.

Selain itu agar bisa lebih unggul dari kompetitor, Anda tidak hanya harus mencontoh backlink mereka saja. Melainkan, Anda bisa membuat yang lebih banyak dan lebih baik. Caranya?

Anda bisa memanfaatkan backlink berbayar, seperti yang kami tawarkan. Ada berbagai jenis backlink, seperti backlink media nasional, content placement, dan masih banyak lagi yang tentunya membuat website Anda meraih ranking lebih tinggi di SERP.

Leave a Comment