Cara Membuat Backlink

Berabinetwork.com – Cara membuat backlink. Pembuatan backlink natural bisa menjadi salah satu langkah untuk melakukan optimasi mesin pencari. Dengan backlink yang baik, maka website kita bisa mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari.

Maka dari itu kami sering menjelaskan pada berbagai postingan bahwa backlink terbaik adalah jenis backlink dofollow, diselipkan di dalam artikel, dan permanen. Bukan backlink low value seperti dibuat menggunakan backlink generator.

Tapi terkadang orang-orang, khususnya praktisi SEO dan blogger kebingungan bagaimana dan di mana mereka harus membangun backlink. Apalagi mereka masih pemula dan belum punya daftar situs yang bisa dijadikan backlink.

Tapi, sebenarnya ada banyak cara membuat backlink berkualitas. Dengan melakukan tips-tips di bawah ini secara konsisten, niscaya rangking website Anda bisa menanjak tajam, asal dibuat menggunakan sumber backlink berkualitas.

Ciri-ciri Backlink Berkualitas

Sebelum mengetahui cara membuat backlink, kita harus lebih dulu tahu apa sih ciri-ciri backlink yang bagus dan berkualitas. Karena, akan terasa percuma jika kita sudah membuat banyak backlink tapi nilainya rendah alias low value.

Kredibilitas website sumber backlink juga menjadi acuan Google menentukan posisi rangking website kita di mesin pencari. Jadi, ciri-ciri atau karakteristik backlink yang bagus ini perlu Anda ketahui.

1. Punya Authority Tinggi

Backlink yang bagus punya domain authority (DA) dan page authority (PA) yang tinggi. Meski DA/PA hanya nilai acuan dari MOZ, tapi nilai keduanya bisa menjadi salah satu hal yang menunjukkan bahwa website merupakan sumber backlink berkualitas.

Untuk mengetahui besar nilai DA/PA, Anda bisa menggunakan berbagai situs gratis. Seperti websiteseochecker.com, moz.com, atau prepostseo.com. Sementara untuk Semrush dan Ahrefs, mereka juga memiliki nama yang berbeda disebut dengan DR (domain rating) dan PR (page rating).

Biasanya nilai tersebut dipengaruhi oleh usia domain, sumber backlink yang mereka miliki, serta jumlah index Google website tersebut. Memasang backlink di website ber-authority tinggi tentu saja sangat disarankan.

2. Jenis Tautan Dofollow

Dalam dunia white hat SEO, dikenal dua macam tautan backlink, yakni nofollow dan dofollow. Keduanya memiliki tujuan berbeda dan tentu saja Google juga membacanya berbeda, mana yang lebih baik untuk mesin pencari?

Nofollow adalah tautan yang ketika diklik menuju website tersebut bisa dibuka, tapi bernilai mati di mata Google. Kadang dalam satu website forum, ketika kita membuat backlink maka tautan yang dipakai adalah nofollow.

Sedangkan tautan dofollow adalah tautan yang bisa kita klik dan menuju website atau halaman yang kita tuju serta bernilai di mata Google. Tautan jenis inilah yang bagus dan baik untuk optimasi mesin pencari.

Tautan nofollow tidak diakui oleh mesin pencari dan nilaiya nol. Meski demikian banyak praktisi SEO yang tetap memutuskan untuk membuat tautan nofollow dengan alasan supaya konten backlink tetap terlihat natural di mata Google.

3. Tautan Relevan dengan Anchor Teks Tepat

Tautan backlink yang relevan dengan konten juga menentukan kualitas backlink itu sendiri. Relevan di sini dalam arti judul, isi konten, serta tautan pada backlink memiliki topik atau tema yang sama. Misalnya tentang “best backlink”, maka dalam judul, isi konten, dan anchor teks menyertakan kata tersebut.

Sehingga dengan demikian Google akan membaca bahwa penanaman backlink tersebut tidak dilakukan di sembarang tempat, sesuai, dan natural. Jika kita membuat backlink yang tak relevan, meski bernilai karena dofollow, tapi mungkin nilainya rendah di mata Google.

Maka, jika kita membuat artikel pada website dengan tema tertentu, anchor teks yang diguakan tentunya menggunakan kata-kata yang sama dan relevan. Penggunaan anchor text ini juga berkaitan dengan kredibilitas konten website karena nilainya kembali terletak pada relevansi kata-kata yang dipakai.

Cara Membuat Backlink Berkualitas Terbaik

Lalu, bagaimana cara kita bisa membuat backlink dengan kualitas terbaik untuk meningkatkan rangking di SERP (hasil pencarian mesin pencari Google)? Ada beberapa tips yang bisa Anda coba, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Manfaatkan Content Sharing Platform

Langkah pertama, khususnya bagi Anda pemula adalah menggunakan content sharing platform untuk membangun backlink. Content sharing platform adalah platform berbagi tulisan yang bisa Anda pakai untuk membuat backlink.

Contohya, seperti Hipwee, Medium IDN Times, Reddit, Quora, Pewarta Indonesia, Indonesiana, Steemit, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuat artikel disertai backlink di platform tersebut. Tapi, pastikan konten yang Anda buat relevan dengan backlink yang mengarah ke website Anda, jenis backlinknya ada yang nofollow dan ada yang dofollow.

2. Cek Backlink Kompetitor

Selanjutnya Anda bisa mengecek backlink kompetitor dan meniru cara pembuatan backlink mereka. Tapi usahakan menggunakan sumber backlink gratis saja, jangan yang premium kecuali punya modal berlebih.

Misalnya, seperti backlink profile, backlink forum, backlink di website builder, dan masih banyak lagi contohnya.

Anda bisa memanfaatkan tools seperti Ahrefs, Ubersuggest, Semrush, dan semacamnya untuk mengetahui sumber backlink kompetitor Anda. Setelah mengetahui sumber backlink mereka, buka satu per satu dan tiru cara mereka membuatnya.

3. Guest Blogging

Guest blogging adalah menuliskan konten atau artikel yang akan dipublikasikan di situs orang lain. Anda bisa menuliska sebuah artikel di website milik orag lain, setelah itu di dalamnya Anda bisa memasukkan backlink yang mengarah ke website Anda.

Caranya adalah dengan bergabung ke forum-forum blogger atau penulis. Cari mereka yang membuka jasa guest post gratis atau berbayar, dan tawarkan diri Anda untuk menjadi penulis di website mereka.

Akan tetapi Anda juga harus cerdik memilih sumber backlik, jangan tergoda dengan kata gratis. Bila Anda memasang backlink di website authority rendah, usia domain masih seumur jagung, index artikel masih sedikit, sama saja itu jelek di mata Google.

4. Beli Jasa Backlink

Terakhir, Anda bisa menggunakan jasa backlink. Cara ini kerap dipilih oleh blogger kawakan yang punya modal besar. Sehingga, daripada ribet memasang dan membuat backlink satu-satu, mereka lebih memilih membayar orang untuk memasang backlink.

Kami juga menawarkan jasa backlink berkualitas, terbaik, dan murah. Ada berbagai jenis backlink yang kami tawarkan, mulai dari backlink media nasional (news portal), content placement (money site), website AC.ID, hingga backlink PBN.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara membuat backlink untuk seo. Pada intinya pembuatan backlink bisa Anda pilih mau dengan cara apa, asalkan memiliki kualitas sesuai dengan ciri-ciri yang kami sebutkan, maka hasilnya akan maksimal.

Ingat juga untuk melakukannya secara konsisten, jangan dalam seminggu pertama pembuatan website Anda memasang backlink dalam jumlah banyak, tapi seterusnya tidak. Ini sama saja website Anda akan bernilai jelek di mata Google karena tidak update backlink atau sumber referensi dari website lain.

Leave a Comment