Cara Disavow Backlink

Berabinetwork.com – Cara disavow backlink. Kita bisa membuat backlink sendiri, tapi kita juga bisa diberikan backlink oleh kompetitor ‘nakal’. Sayangnya, backlink yang mereka buat bukanlah backlink berkualitas.

Mulai dari backlink nofollow, backlink profile, membuat backlink generator di situs DA/PA atau DR/PR rendah, memasang backlink di comment page, serta sebagainya. Bukannya bagus, itu justru memperburuk authority website kita.

Memang sih, jumlah backlink kita meningkat. Tapi, kalau bukan backlink yang bagus ya buat apa, sama saja kita mengonsumsi makanan basi dibanding makan segar, sehat, dan kaya vitamin, mana yang lebih baik?

Untungnya, Google memiliki fitur disavow backlink. Fitur ini berguna untuk ‘memblokir’ atau ‘mencegah’ mesin pencari merujukkan tautan yang ada pada backlink jelek tersebut ke website kita.

Dalam pedoman webmaster disavow link, metode ini sangat berguna bagi kita untuk membuat ranking website di SERP tetap bertahan. Bila tidak di-disavow, bisa saja mata Google memandang buruk website kita.

Pengertian Google Disavow Link

Google disavow links adalah alat yang berguna untuk menolak link yang mengarah ke website Anda. Singkatnya, tools ini digunakan untuk membuat backlink tidak terdeteksi menuju ke website kita.

Seperti dijelaskan di atas bahwa tidak semua backlink bagus. Banyak juga backlink yang dianggap spam oleh Google atau mesin pencari lainnya. Hal terseubt berujung pada menurunnya peringkat sebuah website.

Biasanya, tools di Google Search Console tersebut digunakan pada saat Anda merasa tindakan backlink berperngaruh negatif pada website Anda. Misalnya dengan membuat peringkat website turun atau bahkan sampai de-index.

Cara Mendeteksi Backlink Spam

Lalu bagaimana cara kita mendeteksi backlink tersebut spam atau bagus? Sebenarnya kita bisa mengeceknya dengan menggunakan tools backlink domain.

Di Ahrefs, Semrush, MOZ, Ubersuggest, dan semacamnya kita bisa mengecek sumber backlink yang mengarah ke website kita. Jika backlink yang terdeteksi bukan yang kita buat, kita patut curiga.

Kemudian kita cek lagi, dari mana sumber backlink tersebut, apakah dari website berotoritas tinggi atau rendah (blogspot.com, weebly.com, wordpress.com). Jika iya, bisa jadi Anda harus menghapusnya segera.

Lalu, jika website tersebut terdeteksi dari situs DR/PR dan DA/PA tinggi, cek lagi apakah dipasang di dalam content, atau justru diletakkan di halaman komentar. Kontennya seperti apa, apakah konten umum atau konten yang melanggar hukum? Kita bisa menghapusnya jika jelek.

Cara Disavow Backlink Berkualitas Rendah

Cara disavow backlink yang jelek bisa langsung kita lakukan di halaman search console. Caranya yaitu sebagai berikut.

1. Buat Daftar Disavow Backlink

Pertama, Anda harus membuat daftar disavow backlink, bisa menggunakan notepad dengan format txt. Berikut langkah-langkahnya.

  • Gunakan aplikasi notepad atau semacamnya
  • Nama file harus diakhiri dengan format .txt
  • Contoh link:
    • https://berabinetwork.com/blog/backlink-generator/, format untuk menghapus per url
    • domain:berabinetwork.com, format untuk menghapus semua backlink dari satu website

2. Upload ke Google Disavow Links

Jika sudah, Anda bisa langsung upload file teks tersebut ke halaman Google Disavow Links. Caranya sebagai berikut.

  • Buka halaman Google Disavow Links
  • Pilih website yang ingin Anda hapus backlink-nya
  • Setelah itu pilih disavow links
  • Klik Disavow Links
  • Klik Choose File dan pilih file yang sudah dibuat tadi
  • Klik Submit
  • Tunggu Google menghapusnya dalam beberapa minggu
  • Selesai

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai cara disavow blokir backlink. Intinya, Anda harus memperbanyak backlink berkualitas sebagai sumber optimasi website Anda.

Beberapa backlink berkualitas di antaranya backlink web AC ID dan backlink money site yang kedua layanannya kami tawarkan. Dengan mendapatkan backlink dari kami, website Anda akan semakin bertengger tinggi di SERP dan tidak perlu disavow.

Leave a Comment