Backlink Profile

Berabinetwork.com – Backlink profile. Dalam dunia optimasi SEO, kita memerlukan backlink sebagai salah satu sarana optimasi mesin pencari. Sehingga website kita memiliki ranking di mesin pencari Google.

Biasanya untuk pemula, memilih membuat backlink gratis karena tidak punya modal. Padahal jika salah pilih sumber backlink, bisa saja backlink yang dipilih bukan backlink bagus.

Salah satunya backlink profile, proses pembuatannya yang mudah dan cepat kadang menjadi alasan blogger memanfaatkannya. Bahkan dalam sehari bisa sampai ratusan backlink profile dibuat.

Sebenarnya apakah itu hal yang diperbolehkan dalam optimasi white hat SEO? Apakah Google menilai backlink profile sebuah tautan rujukan yang baik, atau justru sebaliknya?

Pengertian Backlink Profile

Backlink profile adalah backlink yang dipasang di halaman profile sebuah website media, forum, informasi, e-commerce (toko online), social network, dan sebagainya. Saat ini banyak backlink generator yang menawarkan backlink profile.

Kadang yang menjadi pertanyaan yaitu meski website yang dipakai adalah website dengan pagerank tinggi, namun apakah berpengaruh jika backlink diletakkan di halaman profil pengguna? Pada dasarnya tidak ada aturan resmi.

Backlink bisa ditempatkan di mana saja, sah-sah saja, boleh, tapi backlink berkualitas tidak bisa ditempatkan di lokasi sembarangan. Tautan balik terbaik adalah backlink yang ditempatkan di konten, bukan di footer blog, kolom komentar, atau di halaman profil.

Meski demikian ada juga yang beranggapan bahwa backlink jenis ini memiliki pengaruh tinggi untuk menaikkan posisi sebuah halaman di mesin pencari. Apalagi jika sumber backlinknya punya DA/PA dan DR/PR tinggi, pasti akan sangat bagus.

Kalau kami sendiri memilih tetap memasangnya, bukan sebagai backlink utama tapi hanya sampingan saja. Tujuannya agar link yang mengarah ke website kita lebih natural, tidak semuanya bagus itu kadang akan dinilai organik oleh Google.

Cara Kerja Backlink Profile

Backlink profile ditempatkan di halaman profile, contohnya di Twitter, Linkedin, Facebook, dan semacamnya. Ada kolom untuk menempatkan tautan website kan? itulah tautan balik jenis profile yang dimaksud.

Karena terdapat kolom untuk memasang backlink, artinya sumber backlink tersebut memang legal. Dengan kata lain, tidak ada masalah dalam pemasangannya, kadang juga pada blogger memasan glink di kolom deskripsi profile.

Biasanya backlink jenis ini bersifat dofollow, jadi cara kerjanya adalah mesin pencari bisa merayapi sumber backlink tapi tidak memberi nilai pada tautan yang mengarah ke website kita. Karena itu tadi, nofollow.

Selain itu, backlink profile juga tidak dipasang di tengah-tengah artikel seperti backlink content pada umumnya, sehingga tidak ada relevansi antara sumber tautan balik dengan tautan yang menuju ke website kita. Inilah alasan mengapa backlink jenis profile dianggap jelek.

Cara Membuat Backlink Profile

Meski kurang maksimal, tapi Anda bisa mengakalinya supaya tidak terdeteksi buruk di mata mesin pencari. Caranya ialah jangan terlalu sering memasangnya, cukup 1-2 kali sehari saja diselingi backlink berkualitas seperti backlink news portal.

1. Link Dofollow

Pastikan Anda membuat backlink profile dengan link dofollow, sebab link tersebut dianggap Goole aktif. Dalam epmbuatan backlink jenis ini, akan lebih maksimal jika tautannya bersifat dofollow.

Akan tetapi banyak pakat SEO yang kurang sepakat, menurut mereka justru penggunaan link nofollow yang seimbang dengan link dofollow akan membuat backlink terlihat lebih natural. Memang tidak ada panduan resmi pembuatan backlink dari Google, jadi sah-sah saja berpendapat.

2. Jangan Terlalu Banyak

Pembuatan tautan balik jenis profile dalam jumlah besar tentu saja akan dicurigai oleh mesin pencari. Bisa jadi website kita dianggap melakukan pembuatan backlink spam dengan metode yang tidak benar.

Munculnya sebuah website di banyak profile sekaligus secara mendadak tentu bukan hal yang baik. Maka dari itu, dalam membuatnya harus terjadwal, jangan terlalu banyak, dibuat jeda waktu, dan lakukan secara konsisten.

3. Keyword Bervariasi

Supaya backlink yang kita buat tidak dianggap jelek, maka kita juga harus melakukan variasi pada anchor teks keyword yang dipasangi link. Gunakan saja satu keyword utama dan beberapa keyword turunan.

4. Penggunaan Link Homepage

Biasanya link homepage dioptimasi dan ditanam di website lainnya, akan tetapi lebih baik juga menyisipkan link ke halaman artikel. Sehingga, backlink yang menuju ke website kita lebih bervariasi, tidak hanya itu-itu saja.

Dengan adanya variasi tersebut, selain bisa menaikkan nilai page yang dioptimasi, juga memberi tahu mesin pencari website kita memiliki halaman yang berbobot. Perlahan ranking pun akan naik.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai pengertian backlink profile. Intinya pembuatan backlink di halaman profil sah-sah saja dilakukan meski efeknya kurang maksimal, tapi jangan lupa diselingi dengan backlink berkualitas tinggi.

Contohnya seperti backlink content placement dan backlink web AC.ID yang tentunya selain kita tawarkan dengan harga murah, link yang dipasang juga dofollow, permanen, dan cepat terindeks.

Leave a Comment